Blogroll

Saturday, October 27, 2018

BUMI HIJAU ATAU BUMI DATAR ??


BUMI DATAR ATAU BUMI HIJAU ?

Apakah bumi ini hijau? diluar konspirasi atau konsep bumi datar dan bulat. Mengapa banyak orang yang mencari tau bumi ini datar atu bulat ketimbang hijau atau coklat. Padahal kelangsungan bumi ini bukan dari datar atau bulat bumi ini, tapi dari bagaimana bumi ini bisa tumbuh subur dan tetap hijau. Banyak orang yang ingin menjadi kontrakor daripada ingin menjadi petani. Banyak orang yang ingin menggunakan tisu daripada menggunakan sapu tangan yang lebih hemat dan tidak menambah beban bumi.
Berbagai pertanyaan diatas menandakan bahwa kesadaran kita sudah mulai pudar tentang kelangsungan bumi ini. Menjadikan bumi ini sebagai rumah harusnya kita menggunakannya selayaknya rumah yang dijaga bukan dirusak. Saat ini bumi kita sudah mengalami perubahan iklim yang sangat extrim. Tanpa perlu adanya riset mendalam, kita dapat mengetahuinya dari media tentang banyaknya bencana serta fenomena alam yang tidak normal bahwa bumi kita ini pada kondisi yang tidak sebagus kakek nenek kita dulu. Untuk itu perlu adanya penanganan tentang pelestarian bumi.
Bumi kita makin hari akan makin memburuk kondisinya. Jika kita berpikir secara logika pada dasarnya kita semua yang tinggal diplanet ini adalah binatang. Bukan untuk merendahkan kita manusia tetapi hanya pemikiran dasar agar kita tidak bertindak seolah-olah makhluk yang tertinggi di planet ini dan seenaknya menggunakan planet ini tanpa harus merawatnya dengan baik. Jangan menunggu sampai oksigen mahal untuk merawat planet ini.
Dalam film before the flood diperlihatkan akibat dari perubahan iklim yang ekstrim salah satunya lelehan es yang terjadi di Greenland dalam 5 tahun. Jika lelehan pada Greenland akan terus terjadi tiap tahunnya maka Greenland seutuhnya akan menjadi lautan dan pesisir-pesisir pulau akan terkena dampak akibat kenaikan air laut. Itu hanya salah satu dari banyaknya kasus akibat perubahan iklim yang terjadi.
Perubahan iklim hanya menjadi sebuah dongeng ditelinga kita saat ini, karena kita yang belum terkena dampak dari perubahan iklim. Apakah kita menunggu dampaknya baru kita berdoa, apakah kita menunggu dampaknya dahulu baru kita sadar. Marilah setidaknya kita melakukan perubahan kecil, gak harus jadi pendaki untuk menghargai bumi, kita semua berkewajiban untuk menjaga bumi ini agar anak cucu kita bisa menikmatinya selayaknya kita menikmati hasil dari bumi ini. Jangan hanya selalu mengambil hasilnya tetapi tidak merawatnya.
Untuk itu mari kita perbanyak mencari apa yang terjadi dengan perubahan iklim sekarang daripada mencari tentang bumi datar atau bumi bulat. Kita hanya menjaga saja bahwa bumi ini hijau dan bumi ini butuh pertolongan kita dari banyaknya polusi industri dan kendraan. Salah satu daerah yang mulai mengerti akan perubahan iklim adah cina, karena banyaknya industri yang berada di cina, dampak dari perubahan iklim sudah mulai dirasakan oleh mereka.
Ini merupakan tulisan pertama saya, saya mengambil tema perubahan iklim karena kita sekarang sudah kehilangan kesadaran akan pelestarian planet ini. Seperti yang dikutip dari film captain fantastic “we’re all animals in this planet” jadi dari kutipan tersebut saya sadar bahwa kita tidak bisa mengambil hak dari bintang yang butuh hutan untuk hidup daripada menjadikan hutan itu menjadi lahan penghasil uang untuk kita semata, karena kita semua setara dalam menikmati kekayaan planet ini. Dan jangan .hanya menikmati lalu lupa menjaganya.
Jadi, mari kita sebagai insan muda membangun kesadaran dari sekarang. Sekian tulisan saya, maaf yang sangat banyak saya sampaikan dikarenakan masih banyak kekurangan dari tulisan ini.



0 comments:

Post a Comment