Blogroll

Saturday, July 28, 2012

Sejarah gitar

kita sering memainkan alat musik ini, mungkin tidak aneh lagi kita mendengarnya. Apakah kita tahu sejarah dari gitar?
Gitar atau guitar dalam bahasa Inggris. pada mulanyadiambil dari nama alat musik petik kuno di wilayah Persia kira-kira pada tahun 1500 SM yang dikenal sebagai citar atau sehtar. Alat musik ini kemudian berkembang menjadi macam model gitar kuno yang dikenal dengan istilah umum tanbur. Pada tahun 300 SM Tanbur dikembangkan oleh bangsa Yunani dan 6 abad kemudian oleh bangsa Romawi (Bellow, 1970:54-55). Pada tahun 476 M alat musik ini dibawa oleh bangsa Romawi ke Spanyol dan bertransfortasi menjadi :

    1. Guitarra Morisca yang berfungsi sebagai pembawa melodi, dan
    2. Guitarra Latina untuk memainkan akor.

Tiga abad kemudian bangsa Arab membawa semacam gitargambus dengan sebutan al ud ke Spanyol. Berdasarkan konstruksi al ud dan kedua model gitar dari Romawi tersebut. bangsa Spanyol kemudian membuat alat musiknya sendiri yang disebut viheula. Sebagai hasilnya, viheula menjadi populer di Spanyol, sementara alat musik pendahulunya sedikit demi sedikit ditinggalkan. Walaupun demikian al ud dibawa orang ke negara-negara Eropa Barat dan menyaingi popularaitas viheula di Spanyol. Di Eropa al ud disambut dengan baik dan berkembang menjadi model lute Eropa hingga kira-kira akhir abad ke 17. Sementara itu viheula berkembang terus menjadi berbagai macam gitar selama berabad-abad hingga akhirnya menjadi gitar klasik yang digunakan saat ini.

Keaslian gitar tidak dapat dilihat dari keantikannya. Beberapa ahli merasa alat ini berasal dari benua Afrika, dimana banyak replika modern dalam bentuk kotak bulat seperti kulit kerang dengan Gut atau benang sutera. Ahlui lain menemukan alat ini dalam bentuk kaca di relief - relief batu tua di zaman Asia Tengah dan Asia Kuno. Bahan pemikiran lain juga timbul dengan ditemukannya vas vas Yunani kuno yang bercorak. Greek String mungkin adalah alat pertama yang dikategorikan sebagai gitar. Gitar modern kemungkinan berakar dari gitar Spanyol, tetapi berbagai jenis gitar seperti instrumen - instrumen yang kita saksikan lukisan pada zaman Medieval dan Renaiassance yang banyak terdapat diseluruh Eropa.


dikutip :
http://www.wikipedia.com

0 comments:

Post a Comment