Blogroll

Wednesday, September 5, 2012

Alat musik bambu jadi duta wisata RI

Bambu, selain sebagai kerajinan tangan, juga bisa menjadi bahan untuk alat musik. Pohon bambu tidak hanya tumbuh dan banyak diproduksi di daerah Jawa Barat, namun juga dibanyak wilayah di Indonesia. Lewat Festival Bambu Nusantara  yang digelar hari ini  di Jakarta Convention Center, Bambu kembali lebih dikenalkan secara nasional oleh pemerintah, dalam hal ini oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Mungkin kita pikir musik bambu cuma ada di Jawa Barat, tapi ternyata di Indonesia ada banyak musik berbasis bambu,"  ujar Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar kepada wartawan usai pembukaan Festival Bambu Nusantara di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

Acara yang digelar atas kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Republik Entertaiment rencananya akan digelar dua hari, yaitu 1 dan 2 September 2012 di Jakarta Convention Center (JCC). Even ini diikuti oleh 12 provinsi, salah satunya Jawa Barat.

Lewat ajang ini,  Kemenparekraf ingin lebih memperkenalkan musik bambu dari sejumlah  provinsi di Indonesia. Festival Bambu Nusantara ke-6 juga diadakan Kemenparekraf untuk mendorong kreativitas pemusik dari bambu untuk berkreasi.

Festival ini tidak hanya menampilkan aneka musik bambu saja, tetapi juga kerajinan tangan berbahan dasar bambu. Ada banyak stand yang menjual aneka produk khas dari bambu. [it/lys/foto:lys]

sumber : indonesian tunes

0 comments:

Post a Comment